Sunday, January 23, 2011

IHSG, Acuan Waktu Membeli Saham

Sebelum kita membeli saham kita terlebih dahulu harus melihat kondisi IHSG, apakah dalam kondisi BULLish (uptrend) atau dalam kondisi B34Rish (downtrend)? Kenapa?
- Yang mau saya beli kan saham dengan fundamental bagus dan profitnya tumbuh terus tiap tahun.
- Yang mau saya beli saham yang sudah menunjukan sinyal STRONG BUY pada chart technical analysis.
- Yang mau saya beli kan saham yang sudah direkomendasikan oleh Goldman sachs, Merrill lynch, dll.
Semua itu dapat saja digunakan asalkan kondisi pasar (IHSG) dalam keadaan uptrend, karena kita dapat meraih profit hanya dengan satu arah (uptrend), beli diharga rendah dan jual diharga tinggi, tidak bisa sebaliknya.

Apa manfaat kita mengetahui kondisi IHSG? IHSG dari kepanjangannya adalah Indeks Harga Saham Gabungan, yang bisa kita manfaatkan untuk menggambarkan kondisi harga seluruh saham di dalamnya. Jika IHSG turun berarti sebagian  besar saham di dalamnya mengalami penurunan harga, dan jika IHSG naik berarti sebagian besar saham di dalamnya mengalami kenaikan harga.

Setelah kita tahu kondisi pasar, berarti kita juga bisa menggambarkan psikologi trader atau investornya. Jika kondisi pasar uptrend dimana sebagian besar saham naik, investor akan lebih aman untuk masuk membeli, karena kemungkinan harga naik akan lebih besar, karena psikologi trader atau investor, saham naik akan ditemani/ bersama-sama dengan saham-saham lain mengikuti pasarnya.

Sedangkan jika kondisi pasar downtrend dimana sebagian besar saham turun, investor tidak ingin berspekulasi atau berjudi dengan kemungkinan harga naik lebih sedikit sekalipun saham tersebut berfundamental sangat bagus. Karena psikologi trader atau investor akan ikutan buru-buru menarik keuntungan (take profit) sebelum harga turun terlalu dalam pada saham yang berfundamental bagus tersebut. Jadilah saham yang berfundamental bagus ikut-ikutan turun harganya.

Kesimpulannya adalah IHSG menggambarkan psikologi trader dan investornya.

Selamat berinvestasi....

No comments:

Post a Comment