Sunday, January 9, 2011

Jadi Investor atau Trader?

Dua pilihan itu yang biasa berada dibenak kita. Perbedaan antara keduanya adalah masalah waktu, investor melakukan pembelian saham kemudian dimiliki dalam waktu yang lama bahkan hingga mendapatkan deviden. Sedangkan trader membeli saham dalam waktu yang relatif singkat. Jika investor memiliki saham dalam jangka waktu 6 bulan ke atas, sedangkan trader hanya memiliki saham dalam jangka waktu satu hari, satu jam, atau bahkan satu menit.

Keputusan apa yang diambil sehingga memutuskan menjadi investor atau trader? Dari time frame transaksi beli/jualnya dapat dibedakan bahwa trader memiliki waktu luang sehingga sering melakukan transaksi, sedangkan investor tidak. Atau bisa juga karena skill yang dimiliki, menjadi trader lebih sulit dibandingkan menjadi investor.

Dasar apa yang digunakan oleh investor dan trader dalam melakukan transaksi? Investor dalam melakukan pembelian saham lebih didasari oleh fundamental/ kinerja suatu perusahaan dan diharapkan dimasa yang akan datang akan terus tumbuh sehingga menaikan harga sahamnya dan juga devidennya. Sedangkan trader dalam melakukan pembelian lebih sering melihat grafik teknikal beserta pola dan indikatornya, kemudian menjualnya dengan mengharapkan selisih antara harga beli dan jual saham.

Lalu apa yang kita pilih, jadi investor atau trader? Tergantung skill masing-masing tentunya, jika kita mampu menganalisa dalam waktu cepat dan tepat, bisa saja jadi trader lebih menguntungkan karena perbedaan time frame dengan investor, dengan kata lain jadi trader bisa cepat kaya, asal tahu skill dalam bertrading, jika tidak tahu malah sebaliknya bisa miskin.

Contoh investor sukses alias paling kaya di dunia adalah Warren Buffet, sedangkan contoh trader sukses adalah George Soros, namun antara Warren Buffet dan George Soros masih lebih kaya Warren Buffet dengan total kekayaan USD45 miliar diposisi no. 2 dunia sedangkan George Soros memiliki total kekayaan USD14,2 miliar diposisi 14 dunia versi Majalah Forbes 2010.

Then, how with you? Became investor or trader....

No comments:

Post a Comment